Tuesday 28 February 2012

Desa Wisata Tempur Keling Jepara


DIBANDINGKAN dengan desa-desa sekitarnya, Desa Tempur, Kecamatan Keling, Kabupaten Jepara, secara geografis terlihat paling indah. Beberapa desa lain seperti Desa Damarwulan, Desa Watuaji, termasuk Desa Rahtawu yang masuk wilayah Kabupaten Kudus, tak seelok Desa Tempur.
Warga setempat menyebut desa itu bagaikan danau. Beberapa warga berandai, jika air yang turun dari langit memenuhi kawasan desa, air itu tidak akan bisa ke mana-mana. Sebab, desa tersebut di kelilingi gunung di setiap sudut bagian timur, utara, selatan, dan barat. Rumah-rumah penduduk tertata dengan apik di kanan-kiri jalan yang sudah beraspal.
Desa itu selain bisa ditempuh dari pertigaan Desa Jlegong, Kecamatan Keling ke selatan dengan medan jalan berliku, juga bisa dicapai melalui Desa Sirahan, Kecamatan Cluwak, Pati, yang medan jalannya berliku. Perjalanan menuju desa tersebut sangat mengasyikkan, jika ukurannya adalah keindahan panorama gunung, pepohonan hijau yang tumbuh lebat di antara tebing-tebing, serta kejernihan air yang berkelok di antara hitamnya bebatuan yang mengonggok di dasar sungai. Senyum ramah warga setempat juga mengesankan masih kuatnya ikatan sosial yang terjalin di antara sesama.
Mestinya, desa itu bisa dijangkau dengan mudah dari Desa Rahtawu, yang hanya berjarak empat kilometer. Sayang, hingga saat ini jalan tembus yang digagas bisa dibangun dan memudahkan akses warga kedua desa serta warga di desa-desa sekitar, masih belum tergarap. Akibat belum adanya jalan tembus, para tengkulak dari Kudus dan Pati yang membeli hasil-hasil pertanian warga harus berputar dengan jarak yang lebih jauh. Maka, para tengkulak itu punya alasan untuk menekan harga komoditas dengan dalih habis untuk biaya transportasi.

sumber : http://wisatadesatempur.blogdetik.com
-*(berjuang demi cita dan cinta)*-

0 comments:

Post a Comment

Template by:

Free Blog Templates